Teknik Sipil

Teknik Sipil UP memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan pembangunan nasional maupun global. Secara khusus lulusan program studi ini mampu untuk merencanakan dan mengevaluasi infrastruktur umum maupun infrastruktur di bidang energi baru dan terbarukan yang memiliki potensi besar untuk berkembang di masa depan.

Tentang Program Studi

Teknik Sipil adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merawat, dan memperbaiki seluruh infrastruktur dan bangunan yang berkaitan dengan kegiatan manusia sehari-hari. Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina adalah program studi Teknik Sipil pertama di Indonesia yang memberikan ciri khusus di bidang pembangunan infrastruktur energi, seperti pembangunan fasilitas minyak dan gas lepas pantai, pembangunan fasilitas Geothermal, dan pengembangan infrastruktur energi baru-terbarukan.

Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Metode pembelajaran student centered learning yang dikombinasikan dengan problem-based learning dan project-based learning.
  • Staf pengajar merupakan lulusan terbaik dari kampus terkemuka dalam dan luar negeri serta praktisi yang memiliki pengalaman sesuai bidang keahliannya.
  • Kurikulum disusun berdasarkan akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).
  • Materi perkuliahan yang diajarkan, tidak hanya infrastruktur atau struktur bangunan di darat (onshore) namun juga struktur lepas pantai (offshore).

Program Studi Teknik Sipil tersusun dari beberapa mata kuliah utama:

  • Rekayasa dan Perancangan Bangunan Pantai: mata kuliah perancangan bangunan di area pantai seperti pelabuhan, pemecah gelombang, dan bangunan pengamanan pantai yang mendukung transportasi dan keamanan daerah pantai.
  • Rekayasa dan Perancangan Bangunan Lepas Pantai: mata kuliah perancangan anjungan lepas pantai, seperti infrastruktur pengeboran minyak dan gas bumi yang mendukung kegiatan hulu sebagai proses awal dalam proses energi minyak dan gas bumi.
  • Rekayasa dan Perancangan Struktur-Geoteknik: mempelajari desain dan perancangan infrastruktur bangunan darat (onshore), seperti struktur gedung, jembatan, jalan, terowongan, dan lainnya yang menunjang aktivitas masyarakat serta industri energi.
  • Integrated Project: memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktuur terkini dalam sebuah tim multidisiplin dan dibimbing oleh pakar-pakar dari PERTAMINA dan industri energi lainnya.
  • Tugas Akhir (Skripsi) Industri: mencakup permasalahan terkini di dunia infrastruktur dan industri energi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para pakar yang terlibat didalam proyek tersebut.

Lulusan Teknik Sipil Universitas Pertamina disiapkan untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang siap bekerja secara individu maupun terlibat dalam tim, mampu berpikir kritis dengan orientasi solusi, dan juga mampu menyelesaikan permasalahan global yang terdapat dalam industri infrastruktur khususnya di bidang energi.

Peminatan Program Studi

  • Sub Kelompok Keahlian Struktur Lepas Pantai
  • Sub Kelompok Keahlian Struktur dan Geoteknik