UPBringing: Innovation and Technology in Pavement Engineering

Memulai awal perkuliahan semester baru, Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina pada tanggal 21 Agustus 2019 menyelenggarakan UPBringing yang mengangkat tema “Innovation and Technology in Pavement Engineering” dengan menghadirkan Bapak Iswandaru Widyatmoko, BSc, MSc, PhD selaku Technical Director di AECOM, United Kingdom.

Dalam kuliah tamu ini, Bapak Iswandaru menjelaskan perihal penerapan pavement buatan manusia ke tanah sehingga ‘benda’ (kendaraan, manusia, hewan) dapat berpindah dengan cara yang efisien. Dalam bidang Teknik Sipil, fungsi utama dari pavement adalah untuk mentransmisikan muatan ke tanah dasar dan tanah di bawahnya.

Pada sesi kuliah umum ini, Bapak Iswandaru juga membagikan pengalamannya seputar pengerjaan infrastruktur apa saja yang pernah beliau kerjakan serta permasalahan apa saja yang biasa dihadapi oleh seorang pavement engineer. Ditutup dengan sesi foto bersama, diharapkan mahasiswa dapat lebih mengerti secara mendalam terkait hal-hal apa saja yang akan dikerjakan oleh seorang pavement engineer.