Wujudkan Sikap Peduli-Sinergi-Kontribusi Bersama Light UP 2018

Light UP 2018 merupakan salah satu wujud nyata dari perealisasian pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini mengajak sebagian mahasiswa untuk memulai bergerak dalam bidang sosial. Kegiatan ini juga menyadarkan mahasiswa yang terbiasa induvidualis menjadi pribadi yang sadar akan kodratnya manusia sebagai makhluk sosial. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Salah satunya adalah melakukan sosial mapping, hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi dan situasi baik lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan lain – lain di desa yang akan ditujukan.

Light UP 2018 dimulai dengan kegiatan Pre-Event pada Sabtu, 21 Juli 2018. Acara Pre-Event ini diisi oleh Kak Panji Aziz Pratama selaku CEO of Care Institute, Managing Director of Isbanban Foundation, dam 60 Global Changemakers 2016 serta Ibu Hana Indirana S.P., M.Si. selaku dosen di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Intitut Pertanian Bogor. Acara Light UP 2018 dimulai pada 2 Agustus 2018, yang diisi dengan kegiatan seminar dan workshop oleh Kak Faldo Maldini, Kak Muhammad Hidayat, Kang Cecep Suryana, dan Pak Akbar Nikmatullah Dachlan. Hari kedua acara juga diisi dengan seminbar dan workshop oleh Pak Arief Munandar, Kak Ahmad Wali Radhi, dan Seterhen Akbar. Hari ketiga kegiatan lebih didominasi oleh kegiatan workshop oleh Pak Salamun Taofik dan Gosris Mustaqim.

Peserta Light UP mulai menuju kedesa binaan pada hari ke empat. Sebelum memulai sosial project di Desa Tenjo ada materi mengenai Social Project oleh Dr. Farah Mulyasari, S.T, M.Sc selaku ketua program studi Ilmu Komunikasi. Kegiatan social project diisi dengan melakukan social mapping, bersih bersih desa, hingga melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan bersama warga desa. Semoga dengan adanya kegiatan Light UP ini menyadarkan mahasiswa akan pentingnya hidup bermasyarakat.