Kunjungan Lapangan: Melihat Perkembangan Pembangunan LRT Lebih Dekat

Pada dasarnya transportasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pergerakan atau perpindahan seseorang maupun barang dari satu tempat ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Transportasi mempunyai peranan penting dan tujuan dalam pembangunan nasional, mengingat transportasi merupakan sarana untuk memperlancar roda perekonomian, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan.  Oleh karena itu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan tersebut diperlukan sarana dan prasarana yang baik dan mumpuni.

Salah satu sarana transportasi yang dipandang mampu membantu dalam memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dari segi kualitas perjalanannya adalah Light Rail Transit (LRT). Sarana LRT ini banyak diterapkan di berbagai negara di dunia karena dianggap sebagai salah satu sarana yang baik untuk memenuhi pergerakan massal di tiap negara tersebut. Di Indonesia sendiri, pemerintah khususnya Kementrian Perhubungan Republik Indonesia sedang gencar untuk merencanakan pembangunan LRT sebagai sarana transportasi massal yang diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas di berbagai aspek (perhubungan, tata kota, perekonomian, dan aspek lainnya) khususnya di ibukota negara, yaitu Jakarta.

Oleh karena itu perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam upaya penyelenggaraan LRT. Karena hal tersebut, Teknik Sipil Universitas Pertamina mengadakan kuliah lapangan ke PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. sebagai penyelenggara pra sarana dan sarana LRT. Kunjungan ke perusahaan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. memberikan beberapa manfaat, antara lain memperoleh pemahaman secara langsung terkait bagaimana PT. Adhi Karya menjalankan proyek pembangunan LRT Jabodebek, memberi pemahaman kepada mahasiswa terhadap perancangan proyek LRT Jabodebek, mahasiwa dapat bertanya dan melihat langsung lokasi pembangunan LRT.