Kunjungan Lapangan Teknik Sipil UP ke Indonesian Port Corporation, PT Pelindo II di Pelabuhan Tanjung Priok

Kuliah lapangan atau field trip merupakan suatu kegiatan kunjungan ke objek tertentu diluar lingkungan kampus, yang bertujuan untuk mencapai tujuan intruksional tertentu (Sumaatmadja, 1984). Mahasiswa diajak melihat langsung objek yang akan dipelajari, mengembangkan pemikiran serta mendorong kreatifitas sebab mahasiswa memperhatikan dan merasakan sendiri suasana yang terjadi di lapangan.

Pada tanggal 2 dan 4 Oktober 2017, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pertamina telah melakukan field trip ke PT Pelindo II (persero) di Pelabuhan Tanjung Priok. PT Pelabuhan Indonesia II atau juga dikenal dengan Pelindo II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkiprah disektor logistik (pengembangan serta pengelolaan pelabuhan). Pelindo 2 menjadi salah satu BUMN strategis sebab semua pelabuhan yang dioperasikan mempunyai letak yang substansial dalam keterhubungan jaringan perdagangan internasional melalui jalur laut.

Oleh karena hal tersebut, field trip ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai perencanaan pelabuhan baik dari segi infrastruktur maupun sistem operasionalnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kerja sama antara Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertamina dengan PT Pelindo II dalam perencanaan dan penyelenggaraan Pendidikan. Selain itu, rombongan mahasiswa beserta dosen diajak untuk berkeliling menggunakan bus untuk melihat situasi dan kondisi Terminal 2 dan Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok.