CASE UP 2019 : Integration and Development of Intermodal Mobility in the Capital City

Kemacetan di DKI Jakarta merupakan suatu permasalah yang nampaknya tidak selesai habis terpecahkan. Berbagai macam solusi sudah diterapkan untuk mengatasi hal ini dari sistem 3in1 hingga sistem ganjil genap yang berlangsung hingga saat ini. Namun, hal tersebut tidak membawa dampak yang signifakan untuk mengurai kemacetan di ibu kota. Peningkatan jumlah kendaraan tidaklah sebanding dengan peningkatan ruas jalan, hal ini menjadi salah satu penyebab utama kemacetan di kota Jakarta. Masih banyaknya masyarakat baik dari kota Jakarta sendiri maupun wilayah urban sekitar Jakarta memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum dengan alasan tidak ingin dipersulit dengan proses perpindahan antar moda transportasi. Integrasi transportasi umum di DKI Jakarta menjadi topik yang sekiranya layak diperbincangkan untuk mencari tahu jalan keluar dari permasalahan kemacetan di DKI Jakarta.

Pada hari Sabtu, 23 Februari 2019, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil berhasil menyelenggarakan satu acara luar biasa, Civil Annual Seminar Event 2019 yang mengusung tema Integrasi Antarmoda di Jabodetabek dengan judul “Integration and Development of Intermodal Mobility in the Capital City”.

Acarapun berjalan dengan baik, dimana dihadiri oleh Bapak Suhari Pranyoto, M.M., C.M.A. selaku Direktur Kemitraan dan Kewirausahaan Universitas Pertamina, dosen – dosen program studi Teknik Sipil, dan juga kurang lebih 150 peserta baik dari dalam maupun luar Universitas Pertamina.

Acara yang dipandu oleh Immaculata Citra dan Ricky Pamungkas dibuka dengan doa bersama oleh Agus Saefudin, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan oleh ketua pelaksana Pandu Juan Juditomo, dan kepala program studi Teknik Sipil Universitas Pertamina Dr. Arianta, S.T., M.T. Lalu acara dilanjutan dengan acara inti yang dipandu oleh Bapak Wirman Hidayat, M.T. Dimana pada acara ini berlangsung :

  1. Sesi presentasi oleh Ir. Heru Wisnu Wibowo M.Sc selaku Direktur Prasarana BPTJ yang diwakilkan oleh Bapak Andi Putra Jaya, Amd.LLAJ, S.SiT, M.Sc
  2. Sesi presentasi oleh Bapak Eko Windu Widio Purnomo selaku Direktur Teknik PT KCI.
  3. Sesi Presentasi oleh Bapak Shadiq Helmy selaku Kepala Divisi Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta.
  4. Sesi Presentasi oleh Bapak Muhammad Kamaludin ST. CKM. MBA. selaku Kepala Divisi Corporate Strategy and Planning PT MRT Jakarta
  5. Sesi Presentasi oleh Ibu Vani Arliani, M.T. selaku Dosen Program Studi Universitas Pertamina

Hiburan Tari Nyai Lenggang dibawakan oleh UKM Kesenia Daerah Universitas Pertamina sebagai selingan sebelum memasuki waktu diskusi serta QnA antara pesertas dengan pembicara.

Acara pun ditutup dengan penyerahan plakat, sertifikat, dan kenang kenangan kepada para pembicara serta moderator.